Home Surat Perjanjian Pengertian Surat Perjanjian Beserta Jenisnya

Pengertian Surat Perjanjian Beserta Jenisnya

0
5/5 (1)

Mungkin anda sedang bertanya-tanya perihal tata cara membuat surat perjanjian atau mungkin sedang mencari arti dari pengertian surat perjanjian yang benar. Jika itu benar adanya maka Anda berada diartikel yang tepat, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan kepada kalian semua mengenai pengertian surat perjanjian berserta ciri-ciri, fungsi hingga contoh surat perjanjian yang selama ini telah dipergunakan.

Baca Juga: Pengertian Surat Resmi Beserta Fungsi dan Ciri-CiriNya

Pengertian Surat Perjanjian

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan pengertian surat perjanjian, namun tak menutup kemungkinan masih banyak yang belum mengerti tentang arti dari surat perjanjian ini.

Surat perjanjian adalah salah satu bagian dari surat resmi yang memiliki fungsi sebagai tanda kesepakatan antara kedua belah pihak yang tertulis dan isi suratnya mengenai perjanjian tentang hak dan kewajiban yang mengikat.

Secara umum surat perjanjian ini dibagai menjadi 2 (dua) jenis / macam.

Surat Perjanjian Auntentik

Pada jenis surat perjanjian autentik ini merupakan sebuah surat yang dibuat dan diketahui oleh penjabatan pemerintah yang bertugas sebagai saksi adanya surat perjanjian. Sebagai Contoh surat perjanjian jual beli tanah , tentu didalam surat tersebut terdapat saksi telah adanya sebuah perjanjian / notaris.

Surat Perjanjian di Bawah Tangan

Sedangkan untuk surat perjanjian jenis bawah tangan ini, adalah surat perjanjian yang telah dibuat tanpa adanya saksi maupun pemerintan. Sebagai Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor perorangan, tentu tidak membutuhkan keberadaan saksi didalam surat perjanjian tersebut.

Sebetulnya kedua surat perjanjian tersebut tidak terlalu memiliki kaitan dengan keabsaahan sebuah surat perjanjian yang sudah dibuat. Karena surat perjanjian tersebut meskipun dibuat tanpa sepengatahuan notaris, masih tetap sah asal bisa memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan didalam membuat surat perjanjian.

Baca Juga: Pengertian Surat Kuasa Beserta Fungsi dan Ciri-Cirinya

Syarat Syarat di Dalam Membuat Surat Perjanjian

Seperti yang sudah kita bahas di pengertian surat perjanjian diatas bahwa keabsahan surat perjanjian itu harus bisa memenuhi syarat-syarat yang telah tentunkan.

Berikut ini merupakan syarat-syarat yang harus dipenuhi didalam membuat surat perjanjian yang sah.

  • Surat perjanjian wajib ditulis diatas segel atau bermaterai
  • Didalam membuat surat perjanjian tidak ada unsur paksaan dan wajib disetujui oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.
  • Isi surat perjanjian sesuai kesepakatan bersama dan surat ditulis dengan jelas dan terperinci serta surat perjanjian sesuai undang-undang yang berlaku.
  • Didalam membuat surat perjanjian harus dalam keadaan sadar

Baca Juga: Pengertian Kwitansi Beserta Ciri-ciri dan Contohnya

Ciri-Ciri Surat Perjanjian

Selain harus membahami pengertian surat resmi berjenis perjanjian ini dan syarat-syarat didalam membuat surat perjanjian, maka anda juga perlu memahami ciri-ciri didalam surat perjanjian. Hal ini bertujuan agar anda memahami surat perjanjian secara jelas, sebab surat ini termasuk bagian dari surat resmi.

Inilah ciri-ciri surat perjanjian yang perlu diketahui:

  • Didalam membuat surat perjanjian harus berlandaskan hukum dan didalam isi suratnya berisi mengikat untuk kepentingan umum.
  • Penulisan obyek surat perjanjian harus disebutkan secara sejelas-jelasnya.
  • Ciri-ciri selanjutnya bahwa didalam pembuatan surat perjanjian tidak terdapat unsur paksaan dari pihak manapun.
  • Didalam pihak-pihak yang terkadi didalam isi surat perjanjian wajib di tulis sesuai Identitas KTP
  • Jika surat perjanjian berisi sebuah surat perjanjian kontrak, maka wajib ditulis yang jelas dan detail serta pasal-pasal didalam isi surat perjanjian harus menguntungan kedua belah pihak.
  • Didalam isi surat perjanjian terdapat penjelasan mengenai hal-hal atau penyelesaian jika terjadi sengketa.
  • Adanya saksi minimal 2 orang saksi yang melihat adanya tanda tangan surat perjanjian.
  • Terdapat salinan surat perjanjian yang dibuat

Kenapa surat perjanjian harus dibuat dan ditulis dengan jelas? Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa surat perjanjian ini memiliki fungsi yang saling menguntungkan anatar kedua belah pihak.

Fungsi surat perjanjian lainnya adalah dapat membuat kenyamanan kedua belah pihak. Dengan adanya fungsi surat perjanjian yang sah secara hukum ini, maka anda harus memperhatikan bagian-bagian penting didalam membuat surat perjanjian.

Baca Juga: Pengertian Surat Undangan dan Bagian-bagiannya

Jenis-Jenis Surat Perjanjian

Asal anda tahu bahwa jenis surat perjanjian ini sangat banyak sekali, untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan macam-macam surat perjanjian dibawah ini.

A. Surat Perjanjian Jual Beli

Jenis yang pertama adalah surat perjanjian jual beli, surat ini merupakan surat perjanjian yang isi format didalamnya menyebutkan pihak penjual memberikan sebuah baran kepada pihak pembeli, Seperti surat perjanjian jual beli mobil, surat perjanjian jual beli tanah rumah dan lain sebagainya.

B. Surat Perjanjian Sewa Beli

Didalam isi surat perjanjian sewa beli ini biasanya isi format didalamnya mencangkup pembahasan mengenai pembayaran yang bisa dilakukan secara mengangsur. Seperti anda membeli sebuah sepeda motor dengan cara menganggur, meski barang sudah anda bawa namun hak kepemilikan masih jadi milik penjual hingga angguran atau cicilan tersebut lunas.

C. Surat Perjanjian Sewa Menyewa

Isi format surat perjanjian sewa menyewa ini menjelaskan mengenai persetujuan antara penyewa dengan yang menyewakan.

Didalam suratnya juga berisi mengenai jumlah nominal pembayaran sewa barang beserta batasan-batasan hingga berakhirnya sewa tersebut.

D. Surat Perjanjian Kerja

Jenis surat resmi perjanjian selanjutnya ialah surat perjanjian kerja, isi format dari surat perjanjian ini menjelaskan mengenai kesepakatan antara pihak perusahaan dengan pegawai baru.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Kuasa Beserta Contohnya

Contoh Surat Perjanjian

Setelah diatas kita telah membahas pengertian surat perjanjian, ciri-ciri, fungsi hingga jenis dari surat perjanjian, maka selanjutnya kita akan membahas beberapa contoh surat perjanjian dari berbagai bagaian, agar dapat memudahkan anda didalam membuat atau menulis surat perjanjian.

Cara terbaik untuk membuat surat perjanjian adalah dengan memperhatikan beberapa contoh format surat perjanjian dari berbagai jenis. Berikut contoh surat perjanjian dengan format yang berbeda.

1. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Kontraktor

Bagi anda yang hendak melakukan kerjasama dengan seseorang atau perusahaan dalam hal pekerjaan kontraktor tentu anda wajib membuat surat perjanjian kerjasama kontraktor yang akan berfungsi sebagai bukti tertulis yang sah telah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak. Berikut contoh membuatnya.

perjanjian kerjasama kontraktor
perjanjian kerjasama kontraktor

2. Contoh Surat Perjanjian Antar Suami Istri

Bagi pasangan suami istri juga bisa membuat surat perjanjian kerja yang disaksikan oleh ketua RT setempat, Surat perjanjian ini dibuat biasanya untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu perpecahan antara suami istri.

surat perjanjian antar suami istri
surat perjanjian antar suami istri

3. Contoh Surat Perjanjian Arisan Uang

Apabila anda akan mengadakan sebuah arisan di lingkungan pekerjaan atau di rumah sekitar, alangkah baiknya bila anda membuat surat perjanjian arisan uang, hal ini bertujuan untuk memberi kepercayaan antara yang mengadakan arisan dengan anggota yang ikut arisan.

Seperti yang sering terjadi, setelah mendapat uang arisan lantas orang tersebut lari dan tidak bertanggung jawab. Tentu hal tersebut akan merugikan anggota arisan lainnya. Nah untuk menghindari tersebut maka cara terbaik yaitu dengan membuat surat perjanjian arisan uang, berikut contohnya.

surat perjanjian arisan uang
surat perjanjian arisan uang

4. Contoh Surat Perjanjian Format Kosong

Apabila anda bertanya-tanya mengenai format surat perjanjian kerja yang benar, silahkan anda liat cara membuat surat perjanjian kerja dengan format kosong dibawah ini.

surat perjanjian format kosong
surat perjanjian format kosong

5. Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

Permasalah hutang piutang memang pemicu utama perpecahan antara sahabat, nah untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya bila sahabat atau orang lain ingin meminjam uang kepada anda, silahkan membuat surat perjanjian hutang piutang terlebih dahulu, hal tersebut untuk menghindari yang tidak diinginkan dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

surat perjanjian hutang piutang

6. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Selain membuat kwitansi jual beli tanah sebagai syarat balik nama tanah di notaris, anda juga wajib membuat surat perjanjian jual beli tanah. Hal ini dapat memudahkan anda disaat melakukan transaksi jual beli tanah.

Untuk mengetahui cara membuat surat perjanjian jual beli tanah, silahkan anda perhatikan contoh surat perjanjian pembeliaan tanah dibawah ini.

surat perjanjian jual beli tanah
surat perjanjian jual beli tanah

Baca Juga: 50+ Contoh Kwitansi Pembelian dan Pembayaran

7. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Pelu diingat disaat melakukan sebuah transaksi jual beli mobil atau motor, selain harus mengecek kondisi mobil anda juga perlu melihat Dokumen Penting Saat Membeli Mobil Wajib Minta.

Salah satu dokumen penting disaat melakukan pembelian mobil adalah dengan membuat kwitansi jual beli mobil dan surat perjanjian jual beli mobil. Berikut contoh cara membuat surat perjanjian jual beli mobil yang perlu anda ketahui.

surat perjanjian jual beli mobil
surat perjanjian jual beli mobil

Baca Juga: Contoh Kwitansi Pembelian Mobil Bekas

8. Contoh Surat Perjanjian Kerja Harian Lepas

Membuat sebuah surat perjanjian kerja harian lepas merupakan hal yang wajib dilakukan bagi sebuah perusahaan atau instansi pemerintah yang membuka lowongan kerja untuk pegawai harian lepas.

Surat ini akan dipergunakan sebagai bukti telah adanya kerjasama antara kedua belah pihak baik pembuat maupun penerima surat perjanjian kerja ini.

surat perjanjian kerja harian lepas

9. Contoh Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu

Sebuah perusahaan yang ingin memperkerjakan pegawainya disebuah tempat lain, selain harus membuat surat kuasa kedinasan, juga wajib membuat surat perjanjian antara pimpinan perusahaan dengan bawahan yang mendapat tugas dengan jangka waktu tertentu

surat perjanjian kerja waktu tertentu
surat perjanjian kerja waktu tertentu

10 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Investasi

Cara terbaik sebelum melakukan kerjasama inventasi ialah dengan membuat surat perjanjian kerjasama invetasi terlebih dahulu, hal ini agar tidak timbul permasalahan dikemudian hari.

surat perjanjian kerjasama investasi
surat perjanjian kerjasama investasi

11. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

Dengan membuat surat perjanjian kerjasama usaha adalah cara terbaik sebelum anda melakukan kerjasama dengan orang lain perihal usaha. Surat ini mencangkup mengenai risiko-risiko ataupun aturan-aturan yang berlaku didalam kesepakatan kerjasama usaha

surat perjanjian kerjasama usaha
surat perjanjian kerjasama usaha

12. Contoh Surat Perjanjian Sekolah

Pihak sekolah agar dapat menghadapi murid-murid yang bandel selain memberi hukuman, pihak sekolah juga membuat surat perjanjian kesepakatan antara pihak sekolah dengan siswa.

Biasanya surat perjanjian kesepakatan ini dibuat disaat pihak sekolah sudah putus asa menghadapi siswa yang bandel. Isi surat perjanjian sekolah ini biasanya menjelaskan apabila siswa atau penerima surat masih melanggar aturan-aturan yang ditetapkan sekolah, maka pihak sekolah akan mengeluarkan siswa tersebut tanpa rasa hormat.

surat perjanjian sekolah
surat perjanjian sekolah

13. Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah Rumah

Selanjutnya adalah surat perjanjian sewa tanah rumah, biasanya didalam isi surat perjanjian tersebut menjelaskan perihal luas tanah yang disewakan, hingga tanggal berakhirnya sewa tanah tersebut.

surat perjanjian sewa rumah

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Yang Benar + Download

Kesimpulan Surat Perjanjian

Jika kita melihat dari pengertian, ciri-ciri, fungsi serta contoh cara membuat surat perjanjian diatas, dapat kita simpulkan bawah keberadaan surat perjanjian ini sangat penting karena sebagai tanda adanya sebuah kesepakatan antara kedua belah pihak.

Surat perjanjian ini harus bermaterai dan terdapat saksi yang melihat telah terjadinya sebuah kesepakatan, agar surat perjanjian ini sah secara hukum dan bisa dipertanggungjawabkan.

Jika anda pertanyaan mengenai cara membuat surat perjanjian dengan format yang benar, maupun contoh penulisan surat perjanjian silahkan tulis dikolom komentar. SuratResmi.com akan selalu memberikan informasi seputar surat yang anda inginkan. Sekian dan Trimaksih

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here