Home Kwitansi Dokumen Penting Saat Membeli Mobil Wajib Minta

Dokumen Penting Saat Membeli Mobil Wajib Minta

0
5/5 (3)

Dokumen Penting Saat Membeli Mobil Yang Wajib Diminta – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa dokumen penting yang wajib diminta saat transaksi jual beli mobil bekas berlangsung. Dokumen ini sangat penting karena jika salah satu ada yang tidak diberikan kepada pembeli mobil maka kemudian hari bisa timbul permasalahan.

Surat dan Dokumen Penting Saat Membeli Mobil

Disaat membeli mobil memang harus memperhatikan kondisi kendaraan, terlebih lagi jika mobil tersebut bekas pakai, maka wajib bagi anda untuk memperhatikan kondisi kendaraan secara menyeluruh. Selain memperhatikan kondisi mobil hal penting lainnya ialah dengan memperhatikan surat-surat mobil atau sebuah dokumen yang menjelaskan identitas mobil.

Lantas surat dan dokumen apa yang penting disaat melakukan transaksi jual beli mobil bekas itu? Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan ulasan mengenai surat penting didalam pembelian mobil bekas.

BPKB – Dokumen Penting Pertama Yang Wajib Diminta Saat Membeli Mobil

BPKB Dokumen Penting Yang Wajib Diminta Saat Pembelian Mobil
BPKB adalah Dokumen Penting Yang Wajib Diminta Saat Pembelian Mobil

Yang perlu diperhatikan disaat membeli mobil seken ialah keberadaan BPKB, seperti yang sudah diketahui bersama bahwa BPKB merupakan tanda sah kepemilikan kendaraan. Jadi disaat anda melakukan transaksi jual beli mobil bekas silahkan anda cocokan terlebih dahulu BPKB dengan mobil, mulai dari nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi hingga atas nama pemiliki mobil tersebut.

Jika dirasa cocok silahkan dilanjut dengan melihat tampilan BPKB, karena setiap BPKB memiliki tampilan yang berbeda-beda tergantung dari tahun BPKB tersebut dikeluarkan.

BPKB tahun 2008 ke bawah:

  • Berwarna biru.
  • 22 lembar halaman.
  • Nomor BPKB tercetak timbul
  • Terdapat kode huruf di akhir nomor BPKB.
  • Tidak ada nomor KTP di halaman data pemilik BPKB.

BPKB tahun 2009 ke atas:

  • Berwarna coklat kehijuan.
  • 20 lembar halaman.
  • Nomor BPKB tercetak vertikal
  • Tidak ada kode huruf di akhir nomor BPKB.
  • Terdapat Nomor KTP pemilik di halaman data pemilik BPKB.

Setelah anda melakukan pengecekan BPKB mobil dan dirasa sudah cocok dengan data kendaraan, maka selanjutnya kita ke dokumen penting pembelian mobil bekas lainnya.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor Yang Benar

STNK – Dokumen Penting Kedua Yang Wajib Diminta Saat Membeli Mobil

STNK Dokumen Penting Yang Wajib Diminta Saat Pembelian Mobil Bekas
STNK Adalah Dokumen Penting Yang Wajib Diminta Saat Pembelian Mobil Bekas

Selain BPKB sebagai dokumen penting disaat melakukan transaksi jual beli mobil ternyata STNK juga menjadi surat atau dokumen penting kedua. Data yang berada di STNK dan BPKB itu sama yang jadi perbedaan adalah jika STNK terdapat lembar pajak yang harus dibayarkan.

Silahkan anda pastikan bawah nomor kerangka, mesin, nomor polisi sesuai dengan BPKB dan Mobil yang ingin dibeli. Dan tak lupa pula lakukan pengecekan apakah STNK sudah masuk jatuh tempo pembayaran pajak, jika sudah masuk, silahkan minta potongan harga mobil.

Baca Juga: Contoh Cara Membuat Kwitansi Jual Beli Motor dan Mobil

Faktur – Dokumen Penting Ketiga Yang Wajib Diminta Saat Membeli Mobil

Dokumen penting disaat melakukan pembelian mobil selain BPKB dan STNK adalah FAKTUR, keberaan faktur ini sangatlah penting karena sebagai bukti bahwa mobil tersebut resmi dikeluarkan oleh pabrik. Dokumen faktur ini mencangkup semua data diri kendaraan tersebut mulai dari nomor kerangka mobil, nomor mesin hingga harga penjualan mobil dari pabrik.

Form A – Dokumen Penting Keempat Yang Wajib Diminta Saat Membeli Mobil

Dokumen lainnya yang diperlukan jika anda melakukan transaksi jual beli mobil ialah dengan meminta form A. Surat ini merupakan tanda bahwa telah melunasi bea cukai dan pajak.

Kwitansi Kosong – Dokumen Penting Kelima Yang Wajib Diminta Saat Membeli Mobil

Dokumen terakhir yang harus anda minta saat melakukan transaksi jual beli mobil bekas ialah dengan meminta kwitansi kosong. Apa sih kwitansi itu? Pengertian kwitansi adalah sebagai dokumen tertulis yang dipergunakan sebagai alat bukti bahwa telah terjadi transaksi jual beli. Pada hal ini anda diwajibkan meminta kwitansi kosong yang telah ditanda tangani diatasi materai oleh pihak penjual.

Hal tersebut bertujuan untuk mempermudahkan anda sebagai pembeli mobil untuk melakukan balik nama kendaraan bermotor. Karena tanda adanya kwitansi pembelian maka tidak akan bisa melakukan balik nama kendaraan.

Selain itu mintalah fotocopy ktp pemilik mobil yang dijual itu (atas nama) untuk membantu kelengkapan biodata pemilik terakhir kendaraan.

Baca Juga:

Pastikan Kelengkapan Surat Sebelum Transaksi Jual Mobil

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil
Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil

Jika sudah memastikan kelengkapan surat-surat atau dokumen penting disaat melakukan pembelian mobil, maka anda juga perlu melakukan pengecekan ulang pada kondisi mobil yang ingin dibeli, apakah kondisi mobil layak dipakai atau tidak.

Apabila surat lengkap dan kondisi mobil bagus, maka langkah selanjutnya ialah lakukan penawaran mobil tersebut.

Demikianlan beberapa dokumen penting yang wajib anda minta jika melakukan pembelian atau transaksi jual beli mobil bekas / seken. Dan ingat usahakan membeli mobil yang memiliki surat atau dokumen lengkap dan kondisi mobil bagus, serta dengan harga mobil yang terjangkau tentunya. hehhe

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here