Home Kwitansi Pengertian Kwitansi Beserta Ciri-ciri dan Contohnya

Pengertian Kwitansi Beserta Ciri-ciri dan Contohnya

1

Pengertian Kwitansi – Tentu kita semua sudah mengetahui bahwa kehadiran kwitansi memiliki peranan penting didalam kegiatan perekonomian. Di saat melakukan sebuah transaksi jual beri barang atau jasa, maka Anda akan mendapatkan sebuah kwitansi yang bisa dijadikan bukti telah adanya transaksi atau pembayaran, terlebih lagi apabila transaksi dengan nilai yang cukup besar, tentu terdapat materai didalam kwitansi tersebut agar mempunyai kekuatan hukum tetap.

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil
Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil

Pengertian Kwitansi

Mungkin sebagian orang belum mengerti secara jelas tentang arti kwitansi. Pengertian kwitansi adalah sebuah dokumen yang dijadikan sebagai alat bukti pembayaran maupun penerimaan sejumlah uang setelah terjadinya sebuah transaksi. Kwitansi ini dikeluarkan dan ditandatangani oleh si penerima uang dan selanjutnya diserahkan kepada pemberi uang (Membayar).

Keberadaan kwitansi disetiap transaksi tentu juga akan memudahkan didalam pencatatan arus kas yang masuk maupun keluar didalam pembukuan. Pada umumnya kwitansi itu menerangkan mengenai KOP perusahaan/toko, nomor Kwitansi, nama lengkap pemberi uang, Jumlah uang terjadinya kesepakatan transaksi dengan ditulis dengan nominal angka dan huruf, Peruntukan pembayaran, penjelasan mengenai nama tempat dan tanggal pembayaran transaksi serta tanda tangan si penerima uang.

Mengacu pada pengertian kwitansi diatas yang digunakan sebagai barang bukti, maka didalam kwitansi anda harus menempelkan materai yang ditanda tangani /diteken oleh pihak penerima, hal tersebut bertujuan agar kwitansi memiliki kekuatan hukum persidangan bila suatu saat terdapat pemasalahan / sengketa dikemudian hari.

Baca Juga: Format Kwitansi Kosong Ms Word dan Excel + Download

Poin Penting Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membuat Kwitansi

contoh kwitansi kosong pembelian
contoh kwitansi kosong pembelian

Perlu diketahui jika anda ingin membuat kwitansi untuk kebutuhan transaksi jual beli, maka anda perlu memperhatikan hal-hal atau poin penting sebelum menggunakan kwitansi tersebut. Berikut poin penting di dalam pengertian kwitansi.

  • Jangan pernah sekalipun teken atau tanda tangan di kwitansi kosong, hal tersebut bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
  • Penulisan nama pemberi dan penerima uang transaksi harus di tulis dengan lengkap sesuai dengan identitas KTP.
  • Didalam untuk pembayaran ditulis dengan jelas dan detail dari nama barang, jumlah barang atau penjelasan tujuan adanya transaksi tersebut.
  • Cantumkan nama tempat dan tanggal terjadinya sebuah transaksi, biasanya letaknya dibagian atas tanda tangan si penerima uang.
  • Jika transaksi dengan nominal besar maka wajib dibubuhi materai di dalam kwitansi.

Baca Juga: Cara Membuat Kwitansi di Ms Word

Ciri-Ciri Kwitansi

contoh kwitansi beli motor
contoh ciri-ciri kwitansi pembelian motor

Didalam pembuatan / penulisan kwitansi tentu harus memperhatikan format kwitansi sesuai dari jenisnya dan memperhatikan arti dari pengertian kwitansi dengan jelas. Untuk mengetahuinya silahkan perhatikan ciri-ciri kwitansi berikut ini.

  • Pada umumnya kwitansi itu dibuat dengan dua sisi yaitu sisi luar dan sisi atas bawah. untuk kwitansi sisi luar yang berada disebelah kiri dinamakan dengan Sub Kwitansi. Pada bagian sub kwitansi ini pada umumnya digunakan sebagai tanda bukti untuk penerima uang. Dan pada bagian kanan untuk si pemberi uang sebagai bukti pembayaran atau penyerahan uang.
  • Untuk kwitansi rangkap atas bawah pada umumnya dibagian atasnya diberikan oleh si pemberi uang / pembayar dan untuk bagian bawahnya untuk diberikan pada si penerima uang biasanya dipergunakan untuk arsip keuangan.
  • Sedangan didalam isi kwitansi wajib mencantumkan jumlah uang yang diserahkan atau di dibayar di kolom angka maupun kolom huruf (terbilang), tempat dan tanggal transaksi, kolom tanda tangan.

Baca Juga: Contoh Cara Membuat Kwitansi di Excel + Download

Jenis-Jenis Kwitansi

contoh kwitansi pembelian tanah
Contoh Jenis kwitansi Pembelian tanah

Perlu diketahui kwitansi memiliki beberapa jenis yang sering dipergunakan, berikut macam-macam kwitansi:

1. Kwitansi Transfer Uang

Pada jenis kwitansi transfer uang ini pada umumnya digunakan didalam dunia perbankan, yang dimana dalam kwitansi ini harus ditulis atau tercantum secara jelas nomor rekening penerima.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh kwitansi transfer uang di Bank Bri.

contoh kwitansi transfer uang
contoh kwitansi transfer uang

Baca Juga:

2. Kwitansi Transaksi Produk

Pada jenis kwitansi transaksi produk ini didalamnya menjelaskan mengenai barang apa yang dibeli oleh para konsumen, seperti tipe barang, nomor seri produk hingga harga barang dan lain sebagainya

Berikut contoh kwitansi transaksi produk

contoh kwitansi pembayaran
kwitansi pembayaran

Baca Juga:

3. Kwitansi Serah Terima Uang

Salah satu jenis kwitansi yang paling sering digunakan adalah kwitansi serah terima uang, biasanya kwitansi ini diserahkan kepada sebuah perusahaan atau seseorang yang dimana kegunaannya sebagai barang bukti pembayaran yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Inilah contoh kwitansi serah terima uang.

contoh kwitansi serah terima uang
contoh kwitansi serah terima uang

4. Kwitansi Bukti Pembayaran

Jenis kwitansi bukti pembayaran ini pada umumnya dipergunakan didalam jual beli, seperti bukti pembayaran angsuran atau cicilan motor, selain itu didalam kwitansi ini menjelaskan mengenai segala informasi dan jumlah uang yang diberikan pemberi uang.

contoh kwitansi pembayaran angsuran motor
contoh kwitansi pembayaran angsuran motor

5. Kwitansi Cash Receipt

Jenis kwitansi cash receipt ini sering dipergunakan didalam lingkungan pekerjaan, dan dalam kwitansi ini menerangkan dana masuk maupun keluar untuk pengarsipan bukti keuangan.

Berikut contoh kwitansi cash receipt.

contoh kwitansi cash receipt
contoh kwitansi cash receipt

Perbedaan Kwitansi dan Nota / Faktur

Contoh kwitansi penjualan
Contoh kwitansi penjualan

Mungkin saat ini masih banyak yang belum mengerti atau mengetahui perbedaan antara kwitansi, faktur dan nota meskipun kegunaannya sama sebagai bukti transaksi yang sah.

Baca Juga: Tata Cara Menulis Kwitansi Pembayaran

Kwitansi

Pengertian kwitansi secara harfiah adalah sebuah secarik kertas yang dipergunakan sebagai barang bukti penerimaan sejumlah uang yang telah disetujui oleh keuda belah pihak (Pihak pertama pembeli dan pihak kedua penerima).

Kwitansi tentu dilengkapi degan nomor kwitansi, nama lengkap pemberi uang, jumlah pembayaran transaksi yang telah disetujui (angka dan huruf), tujuan transaksi, tempat, tanggal terjadinya transaksi berserta nama dan tanda tangan penerima uang transaksi.

Faktur dan Nota

Pengertian faktur ini berbeda dengan kwitansi, meskipun sama-sama sebagai bukti transaksi, karena faktur adalah sebuah dokumen transaksi yang dipergunakan untuk menghitung semua / seluruh jumlah transaksi penjualan. Dan faktur ini memiliki 3 rangkap, lembar pertama untuk diberikan kepada pembeli, lebar kedua akan disimpan oleh penjual sebagai alat penangih sedangkan untuk lembar ketiga untuk disimpan ke buku faktur.

Untuk nota ini memiliki 2 rangkap, lembar pertama untuk diserahkan kepada pembeli / konsumen sedangkan lembar kedua akan disimpan sebagai data atau arsip. Untuk perbedaan yang mencolok adalah untuk kwitansi diberi materai sedangan nota dan faktur tidak memakai materai.

Baca Juga: Cara Mencetak Kwitansi Secara Manual dan Otomatis

Contoh Kwitansi Pembelian dan Pembayaran

Setelah diatas anda sudah mengetahui pengertian kwitansi beserta ciri-ciri dan jenisnya, maka selanjutnya adalah contoh kwitansi pembelian dan pembayaran, agar dapat memudahkan disaat membuat kwitansi yang benar.

1.Contoh kwitansi jual beli motor bekas

Bagi anda yang hendak membeli motor bekas atau seken, maka anda harus mendapatkan kwitansi jual beli motor seperti pada contoh dibawah ini. (Baca Juga: Contoh Cara Membuat Kwitansi Jual Beli Motor dan Mobil )

Contoh kwitansi jual beli motor bekas
Contoh kwitansi jual beli motor bekas

2. Contoh Kwitansi Pembelian Mobil

Kwitansi pembelian mobil ini sebetulnya sama dengan contoh kwitansi pembelian motor diatas.

contoh kwitansi pembelian mobil
contoh kwitansi pembelian mobil

Selengkapnya: Contoh Kwitansi Pembelian Mobil Bekas

3. Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas

Berikut kwitansi jual beli mobil yang perlu anda ketahui.

Contoh Kwitansi jual beli mobil bekas
Contoh Kwitansi jual beli Mobil Bekas

4. Contoh Kwitansi Pembayaran Pekerjaan

Inilah cara membuat kwitansi pembayaran melalui rekening.

Contoh Kwitansi Pembayaran Pekerjaan
Contoh Kwitansi Pembayaran Pekerjaan

5. Contoh Kwitansi Pembelian DVD

Bila anda melakukan pembelian DVD ini maka anda harus mendapatkan kwitansi pembelian ini.

contoh kwitansi pembelian DVD
contoh kwitansi pembelian DVD

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai pengertian kwitansi beserta ciri-ciri dan fungsinya. Semoga setelah mengetahui pengertian dan contoh kwitansi pembayaran diatas dapat membantu anda didalam membuat kwitansi pembelian dengan format yang benar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here