Home Surat Kuasa Cara Membuat Surat Kuasa Beserta Contohnya

Cara Membuat Surat Kuasa Beserta Contohnya

0

Cara terbaik untuk membuat surat kuasa yang baik adalah dengan memahami Format Surat Kuasa dengan benar. Dengan adanya surat kuasa tentu bisa memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu hal dengan perantara orang lain, sehingga hal tersebut akan memudahkan pekerjaan kita. Namun sayang hingga saat ini masih saja ada yang belum mengerti cara membuat surat kuasa dengan benar untuk berbagai keperluan.

Hal tersebutlah yang membuat saya ingin memberikan semua informasi mengenai tata cara penulisan surat kuasa yang baik dan benar melalui artikel ini.

Pengertian Surat Kuasa

Sebagian orang ada yang belum mengetahui tentang pengertian surat kuasa dengan benar. Surat Kuasa adalah sebuah surat berisikan informasi mengenai sesorang yang memberikan wewenang untuk melakukan sesuatu perbuatan atas nama pemberi kuasa.

Surat Kuasa ini juga bisa menjadi bukti bahwa sesorang yang mendapat kuasa bisa menjalankan semua tugas yang ditulis oleh pemberi kuasa. Keberadaan surat kuasa ini tentu sangat penting karena bisa membuat seseorang bisa menyelesaikan pekerjaan meskipun orang tersebut tidak bisa mengerjakan secara langsung.

Dalam hal ini maka surat kuasa dapat menjadi kunci agar pihak yang diberi kuasa bisa mewakilkan si pemberi kuasa, karena keberadaan surat kuasa yang penting itu maka cara membuat-nya pun harus jelas.

Sebagai contoh disaat ingin mengambil BPKB mobil di sebuah dealer namun kondisi anda sedang tidak sehat, maka bisa membuat surat kuasa pengambilan BPKB Mobil agar Anda bisa mewakilkan orang untuk mengambil BPKB tersebut. (Pemberi Kuasa maupun Penerima Kuasa harus sudah dewasa).

Baca Juga: Pengertian Surat Resmi Beserta Fungsi dan Ciri-Cirinya

Jenis-Jenis Surat Kuasa

Untuk lebih mudah didalam membuat surat kuasa maka cara terbaik ialah dengan mengenali jenis-jenis surat kuasa. Berikut macam-macam surat kuasa yang perlu diketahui agar mempermudah Anda didalam pembuatan surat kuasa..

A. Surat Kuasa Perseorangan

Jenis surat kuasa perseorangan ini merupakan surat kuasa yang bersifat kepentingan pribadi. Sebagai contoh jika ingin mengurus pajak, pengambilan gaji atau pengambilan barang namun anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka anda bisa membuat surat kuasa perseorangan ini dengan memberikan wewenang atau kuasa kepada orang lain untuk melakukannya.

B. Surat Kuasa Kedinasan

Jenis surat kuasa kedinasan ini merupakan surat kuasa yang bersifat kedinasan, dalam artian sebuah instansi pemerintah atau perusahaan swasta membuat surat kuasa ini untuk memberikan wewenang kepada seseorang atas nama perusahan.

C. Surat Kuasa Istimewa

Jenis Surat Kuasa Istimewa ini merupakan surat yang diberikan kepada pihak lain untuk bisa mewakili pemberi kuasa didalam masalah hukum. Pada umumnya surat kuasa istimewa ini dibuat oleh orang yang terlibat permasalah hukum dan di berikan kepada pengacara untuk menyelesaikan permasalahannya.

Cara Membuat Surat Kuasa Yang Benar

Bila melihat dari jenis-jenis surat kuasa, tentu cara membuat surat kuasa antara satu dengan lainnya sedikit berbeda.

Berikut cara membuat surat kuasa dari jenisnya.

1. Cara Membuat Surat Kuasa Perseorangan

Sebetulnya untuk membuat surat kuasa perseorangan itu cukup mudah, sebab sifat surat ini hanya memberi wewengan atau kuasa untuk melaksanakan aktivitas pribadi pemberi kuasa. Didalam pembuatan surat kuasa perseorangan maka anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pada judul surat di tulis Surat Kuasa Permohonan atau Surat Kuasa
  • Selanjutnya keterangan data diri atau identitas si pemberi kuasa seperti Nama lengkap, alamat, nomor KTP, pekerjaaan, dan lain sebagainya
  • Kemudian dilanjut penulisan data diri / identitas penerima kuasa. Sebelum penulisan data diri penerima kuasa silahkan tulis “Dengan ini Saya memberikan Kuasa Kepada
  • Selanjutnya inti dari isi surat kuasa, pada bagian ini merupakan sesuatu hal yang paling penting, selain sebagai perintah untuk menjalankan aktivitas si pemberi kuasa, juga sebagai ruang untuk membatasi gerak penerima Kuasa.
  • Apabila didalam surat kuasa mengandung unsur hukum silahkan diberi materai 6000.

2. Cara Membuat Surat Kuasa Kedinasan

Sebelum anda membuat surat kuasa kedinasan cara terbaik ialah memahami sifat surat kuasa tersebut. Dalam hal ini surat kuasa kedinasan dibuat oleh perusahaan sebagai pemberi kuasa dan diberikan kepada karyawan atau orang (penerima kuasa) untuk menjalankan tugas kedinasan.

Tentu didalam cara pembuatan surat kuasa perorangan dengan membuat kuasa kedinasan sedikit berbeda karena surat ini mengatasnamakan lembaga atau organisani. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan cara membuat surat kuasa kedinasan berikut ini:

  • Surat kuasa kedinasan memiliki kepala surat organisasi/perusahaan atau instansi yang memberi kuasa. Sebagai contoh bila surat kuasa dibuat oleh Bank BRI, maka pada kop surat / kepala surat harus terdapat kop Bank BRI.
  • Judul Surat bertulis Surat Kuasa Kedinasan atau Surat Kuasa.
  • Selanjutnya data diri pemberi kuasa (Nama organisasi, Jabatan pemberi kuasa, dll)
  • Data diri penerima kuasa ( Nama lengkap, alamat, dll)
  • Kemudian dilanjut dengan bagian paragraf tujuan pemberian kuasa (Harus jelas dan terperinci)
  • Menuliskan tempat dan tanggal surat kuasa dibuat
  • Menuliskan masa berlaku surat kuasa hal ini merupakan cara untuk mengatasi agar surat kuasa tidak disalah gunakan
  • Tanda tangan kedua belah pihak pemberi dan penerima kuasa. pada bagian pemberi kuasa ditulisan nama jabatan dan NIK.
  • Cap organisasi / instansi / materai sebagai bukti persetujuan.

3. Cara Membuat Surat Kuasa Instimewa

Untuk cara membuat surat kuasa istimewa ini hampir sama dengan pembuatan surat kuasa perseorangan yang jadi pembedanya ialah jika disurat kuasa istimewa wajib bermaterai karena sebagai bukti adminstrasi hukum yang sah. Biasanya surat kuasa istimewa ini dibuat kan oleh seorang pengacara yang akan menangani suatu permasalahan.

Contoh Surat Kuasa Berbagai Kegunaan

Untuk lebihjelasnya silahkan liat contoh gambar surat kuasa dibawah ini dari berbagai kegunaan.

Contoh Surat Kuasa Istimewa

Berikut contoh gambar penulisan surat kuasa istimewa yang benar. ( Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Khusus )

Contoh Surat Kuasa Istimewa
Surat Kuasa Istimewa

Contoh Surat Kuasa Kedinasaan

Pada contoh yang surat kuasa kedinasaan ini dibuat dari Dinas Pendidikan SMk Mitra Persada Nusantara. (Selengkapnya: Contoh Surat Kuasa Dinas + Download ). Berikut contoh gambarnya

contoh surat kuasa kedinasaan
surat kuasa kedinasaan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Bagi anda yang hendak mengambil BPKB namun kondisi tidak memungkinkan, maka silahkan buat surat kuasa seperti gambar dibawah ini.

contoh surat kuasa pengambilan BPKB
surat kuasa pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa Perseorangan – Mengambil Gaji Pensiun

Biasanya surat kuasa ini diberikan kepada cucunya (sebagai penerima kuasa) agar bisa mengambil gaji atau uang pensiunan neneknya. ( Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Insentif + Download )

Contoh surat kuasa perseorangan untuk mengambil gaji pensiun
surat kuasa perseorangan untuk mengambil gaji pensiun

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Nah bagi anda yang ingin mengambil gaji namun ada sesuatu hal yang tidak memungkinkan untuk mengambil gaji sendiri, maka anda bisa membuat surat kuasa pengambilan gaji berikut ini. Lebih lengkapnya silahkan Baca Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji + Download

Contoh surat kuasa perseorangan pengambilan gaji
surat kuasa perseorangan pengambilan gaji

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Pada contoh selanjutnya ialah surat kuasa untuk mengambil BPKB motor, biasanya surat ini dibuat jika pemiliki BPKB lagi dalam kondisi yang malas, untuk mengambil sendiri.

Contoh surat kuasa pengambilan bpkb motor
surat kuasa pengambilan bpkb motor

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Surat kuasa pengambilan ijazah ini dibuat oleh orang tua murid, yang tidak bisa mengambil ijazah putra/putrinya sendiri. (Selengkapnya: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah + Download )

Contoh surat kuasa pengambilan ijazah
surat kuasa pengambilan ijazah

Contoh Surat Kuasa Berhenti Berlangganan Speedy

Bila usaha warnet anda tutup dan ingin berhenti berlanggan speedy maka silahkan membuat surat kuasa seperti gambar dibawah ini.

Contoh surat kuasa berhenti berlangganan speedy
surat kuasa berhenti berlangganan speedy

Contoh Surat Kuasa Mengikuti Lelang

Perusahaan yang ingin mengikutin lelang namun direktur utama tidak bisa mengikuti sendiri, maka bisa diwakilkan oleh karyawannya dengan membuat surat kuasa lelang ini.

Contoh surat kuasa mengikuti lelang
surat kuasa mengikuti lelang

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

contoh surat pengambilan uang di bank
Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Selengkapnya: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank + Download

Akhir Kata

Demikianlah cara mudah untuk membuat surat kuasa, mulai dari surat kuasa perseorangan, surat kuasa kedinasan hingga surat kuasa istimewa berserta beberapa contoh surat kuasa yang benar dari berbagai kegunaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here