Home Surat Kuasa Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Insentif

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Insentif

0

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Insentif – Sebuah perusahaan maupun instansi pemerintah akan memberikan sebuah uang insentif kepada karyawannya sebagai penyemangat kerja. Biasanya uang insentif ini akan diberikan setiap sebulan sekali, namun semua itu tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Nah bagi karyawan /pegawai yang ingin mengambil insentif namun kondisi yang tidak memungkinkan, maka anda dapat membuat surat kuasa pengambilan uang insentif sebagai perwakilan.

Jika membuat surat kuasa pengambilan uang insentif ini, maka Anda tidak perlu datang sendiri ke perusahaan tempat anda bekerja karena dengan membuat surat kuasa ini sudah dapat menjadi bukti bahwa anda telah memberikan hak penuh kepada orang lain untuk mengambil uang insentif.

Surat kuasa ini sebagai bukti tertulis yang bisa dipertanggungjawabkan, namun perlu diketahui jika anda membuat surat kuasa pengambilan uang insentif ini maka anda perlu memperhatikan kaidah-kaidah didalam pembuatan surat kuasa yang benar.

Surat kuasa pengambilan uang insentif yang akan anda buat agar menjadi surat resmi yang sah secara hukum, maka harus memperhatikan format penulis surat kuasa yang benar seperti memberi nama pemberi dan penerima kuasa secara jelas, hingga tandatangan di atas materai.

Lantas bagaimana cara membuat surat kuasa pengambilan uang insentif yang benar? Berikut penjelasannya.

Baca Juga:

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Insentif

Berikut tata cara membuat surat kuasa untuk pengambilan uang insentif di perusahaan.

1. Pemberian Judul Pada Surat Kuasa

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membuat surat kuasa adalah dengan memberikan judul pada surat kuasa dengan jelas.

Misalkan anda ingin membuat surat kuasa mengenai pengambilan uang insentif, silahkan ditulis judul Surat Kuasa Pengambilan Insetif dengan huruf tebal dan lebih besar dari pada isi surat.

2. Menulis Identitas Pemberi dan Penerima Surat Kuasa Dengan Jelas

Langkah selanjutnya setelah anda membuat judul surat kuasa, ialah dengan menulis identitas pemberi kuasa atau wewenang seperti nama lengkap, nomor ktp, alamat, pekerjaan hingga nomor ponsel.

Setelah penulisan identitas pemberi wewengan selesai kemudian di beri keterangan PIHAK PERTAMA, lalu dilanjut penulisan identitas penerima kuasa dengan jelas, seperti nama lengkap, alamat, nomor KTP/ SIM dan pekerjaan. (Pihak Kedua)

3. Menulis Isi Surat Kuasa

Pada bagian ketiga ini merupakan inti dari kewenangan yang diberikan oleh penerima surat kuasa. Isi surat tersebut bertulis segala aktifitas yang akan dilakukan oleh pihak kedua sebagai penerima kuasa dari pihak pertama. Dalam hal ini pihak kedua diberi kewenangan untuk mengambil uang insentif di tempat kerja pihak pertama.

Silahkan ditulis dengan jelas hal-hal apa saja yang diperbolehkan penerima kuasa sebagai wakil, serta diberi tanggal masa berlakunya surat kuasa tersebut.

4. Pemberian Materai Pada Surat Kuasa

Jika penulisan judul surat kuasa, identitas pemberi dan penerima kuasa serta sudah menulis isi tujuan surat kuasa pengambilan insetif itu dibuat, maka dilanjut dengan pemberian tanggal surat kuasa itu dibuat dengan disertai tandatangan pemberi kuasa di atas materai.

Keberadaan materai didalam surat kuasa tersebut sebagai keabsahan dari surat kuasa pengambilan uang insetif menurut undang undang yang berlaku.

Baca Juga:

Format Kosong Surat Kuasa Pengambilan Uang Insentif


SURAT KUASA

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Khoirun Nisa
Alamat : Wonorejo Rt 02 Rw 2 Pringapus Karangjati
Pekerjaan : Karyawan PT LIPUTANTEKNOLOGI
Nomor KTP : 3434576798
(selanjutnya disebut sebagai PIHAK I)

Nama : Siswanto
Alamat : Jalan pahlawan 35 Kota Semarang
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Nomor KTP : 36576869798
(selanjutnya disebut sebagai PIHAK II)

Dengan surat ini PIHAK I memberikan kuasa kepada PIHAK II untuk mengambil uang insentif bulan Agustus 2019 atas nama Khoirun nisa di PT LIPUTANTEKNOLOGI

Demikian surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 21 Agustus 2019,
Yang Menerima Kuasa Yang memberi Kuasa


Contoh Surat Kuasa Pengambilan Insentif

Berikut beberapa format surat kuasa pengambilan uang insentif dari beberapa bagian. (Selengkapnya: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Insentif + Download )

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Insentif Guru

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Insentif Guru
Surat Kuasa Pengambilan Insentif Guru

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Insentif PNS

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Insentif PNS
Surat Kuasa Pengambilan Insentif PNS

Baca Juga:

Demikianlah tutorial cara membuat dan menulis surat kuasa pengambilan uang insentif dengan benar, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda didalam pembuatan surat kuasa pengambilan insentif dengan format yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here