Home Surat Resmi Pengertian Surat Edaran, Ciri-Ciri dan ContohNya

Pengertian Surat Edaran, Ciri-Ciri dan ContohNya

0

Pengertian Surat Edaran, Ciri-Ciri dan Contohnya – Hallo sobat suratresmi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan surat edaran secara lengkap, mulai dari pengertian, fungsi, contoh hingga ciri-cirinya. Selain itu anda juga bisa download surat edaran dari berbagai jenisnya dengan format word.

Pengertian Surat Edaran

Mungkin anda masih bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan surat edaran itu? Asal anda tahu bahwa arti dari pengertian surat edaran adalah surat tertulis yang berisikan sebuah pemberitahuan secara resmi yang ditunjukan kepada pihak-pihak tertentu di dalam organisasi, lembaga maupun instansi.

Istilah surat edaran itu terbagi menjadi dua kata yang memiliki arti berbeda, antara lain:

  • Surat : Sebuah sarana komunikasi yang diperuntukan untuk menyampaikan sebuah informasi dalam bentuk tulisan pada kertas dari pihak satu ke pihak lainnya, baik organisasi maupun untuk perorangan.
  • Edaran : Kata edaran disebut sebagai sirkuler yang artinya sesuatu yang dikirim kepada banyak pihak dengan isi dan bentuk surat yang sama.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa definisi surat edaran adalah sebagai surat pemberitahuan tertulis yang ditunjukan kepada banyak orang atau pihak yang dimana bentuk dan isi surat sama.

Pada umumnya surat edaran ini diberikan kepada pihak-pihak yang berada di ruang lingkup kerja yang sama seperti lembanga maupun instansi. Biasanya isi dari surat edaran itu ialah sebuah pemberitahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan tempat mereka bekerja / ruang lingkup. Sebagai contoh surat edaran pemberitahuan perubahan peraturan kerja / kebijakan baru dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Surat Resign Kerja dan Strukturnya

Ciri-Ciri Surat Edaran

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari surat edaran yang umum digunakan.

  • Surat edaran dibuat dengan bahasa yang baku karena termasuk salah satu surat resmi.
  • Pada umumnya surat edaran ini memiliki sifat umum dan bukan rahasia.
  • Surat edaran dibuat dengan isi dan bentuk yang sama.
  • Surat edaran merupakan suatu pemberitahuan yang ditunjukan kepada banyak pihak yang memiliki ruang lingkup yang sama.

Baca Juga: Pengertian Surat Perjanjian Beserta Jenisnya

Fungsi Surat Edaran

Setelah anda mengetahui ciri-ciri dari surat edaran, maka sekarang kita membahas mengenai manfaat atau fungsi dari surat edaran. Berikut fungsi utama surat edaran berdasarkan pengertian diatas:

  • Surat edaran berfungsi untuk menyampaikan sebuah informasi kepada banyak pihak dengan sifat umum dan bukan rahasia.
  • Surat edaran sebagai pengumuman yang ditunjukan oleh banyak orang yang memiliki ruang lingkup sama.

Baca Juga: Pengertian Surat Undangan dan Bagian-bagiannya

Jenis Jenis Surat Edaran

Perlu diketahui bahwa surat edaran itu terdapat dua jenis, antara lain surat edaran terbatas dan surat edaran yang tidak terbatas. Untuk mengetahui penjelasannya silahkan simak ulasan dibawah ini.

Surat Edaran Terbatas adalah sebuah surat yang dibuat oleh suatu organisasi / instansi dan ditunjukan kepada anggotanya saja. Sebagai contoh surat edaran perubahan peraturan atau kebijakan bank BCA kepada anggota atau karyawan bank BCA tersebut.

Surat Edaran Tak Terbatas adalah sebuah surat yang dibuat oleh instansi dan ditunjukan kepada masyarakat umum. Sebagai contoh surat edaran kebijakan mengenai kebersihkan lingkuhan di seluruh warga Negara.

Baca Juga: Pengertian Kwitansi Beserta Ciri-ciri dan Contohnya

Bagian-Bagian Surat Edaran

Seperti yang dijelaskan di pengertian surat edaran diatas yang termasuk golongan surat resmi maka didalam pembuatnya juga harus berdasarkan aturan dan ketentuan yang baku. Berikut adalah bagian-bagain surat edaran secara umum yang perlu diketahui agar dapat memudahkan anda didalam membuat surat edaran dengan format yang benar.

1. Surat Edaran Harus Memiliki Kepala Surat

Bagian surat edaran pertama adalah kop surat, pada bagian ini meliputi logo, nama dan juga alamat instansi maupun organisasi yang membuat surat edaran tersebut.

Kop surat merupakan salah satu syarat surat resmi yang wajib dibuat didalam surat edaran yang dikeluarkan oleh organisasi atau instansi.

Selain itu wajib mencatumkan kata surat edaran Di dalam surat dibuat maka wajib menggunakan huruf kapital serta ditambahkan garis bawah. Oh iya surat edaran juga harus dilengkapi dengan nomor surat, perihal, sifat surat dan lain sebagainya.

2. Isi Surat Edaran

Salah satu bagain penting lainya disaat membuat surat edaran adalah isi surat edaran tersebut. Nah pada bagian ini berisikan sebuah pemberitahuan atau infomarsi yang ingin disampaikan oleh pihak lain. Bagian isi surat edaran ini meliputi pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.

3. Kaki Surat Edaran

Nah bagian terakhir didalam membuat surat edaran ialah pada kaki surat. Kaki surat ini berisikan sebuah informasi pengirim atau pembuat surat edaran. Seperti:

  • Nama lengkap
  • NIK atau NIP
  • Tanda tangan
  • Stempel
  • Tembusan (jika ada)

Baca Juga: Pengertian Surat Kuasa Beserta Fungsi dan Ciri-Cirinya

Contoh Surat Edaran

Berikut ini adalah beberapa contoh surat edaran yang sering digunakan oleh lembaga maupun instansi.

Contoh Surat Edaran Perusahan /PT

Contoh Surat Edaran
Surat Edaran Perusahaan – Source contohsurat.co

Contoh Surat Edaran Universitas

Contoh Surat Edaran
Surat Edaran Kampus – Source unismabekasi.ac.id

Contoh Surat Edaran Instansi Pemerintah

Contoh Surat Edaran
Surat Edaran Pemerintah Kementrian – Source akademik.pnj

Contoh Surat Edaran Sekolah

Contoh Surat Edaran
Surat edaran universitas – Source ilkom.unsri

Itulah beberapa contoh surat edaran dari berbagai bentuk dan jenis, untuk mengetahui lebih jelasnya anda bisa melihat 20+ contoh surat edaran.

Baca Juga: Pengertian Surat Niaga Beserta Fungsi dan Contohnya

Download Surat Edaran

Silahkan anda download surat edaran dengan format word dibawah ini kemudian edit dan isi sesuai keperluan.

Download Surat Edaran Format Word

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian surat edaran, ciri-ciri, fungsi dan contoh surat edaran dengan format benar yang bisa anda download secara gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here