Home Kwitansi Contoh Cara Membuat Kwitansi di Excel + Download

Contoh Cara Membuat Kwitansi di Excel + Download

0

Contoh Cara Membuat Kwitansi di Excel – Mungkin semua orang sudah mengetahui mengenai pengertian kwitansi yang dipergunakan sebagai barang bukti terjadinya transaksi antara pembeli dan penjual atau dengan kata lain sebagai barang bukti pembayaran /penjualan.

Pada umumunya kwitansi ini paling sering dikeluarkan oleh bendaharan pengeluaran perusahaan atau instansi pemerintah untuk membayar kegiatan atau pembayaran barang dan jasa yang telah terjadi di instansi tersebut.

Tentu bagi seorang bendahara keuangan membuat kwitansi bukan hal yang terlalu sulit meskipun memiliki jumlah transaksi yang tidak sedikit. Salah satu contoh kwitansi yang sering dibuat oleh bendahara keuangan adalah pembelian barang ATK kantor, bayar gaji atau honor karyawan, kwitansi perawatan peralatan kantor dan lain sebagainya.

Meskipun bendaharan sudah terbiasa membuat kwitansi untuk bukti pembayaran namun tak menutup kemungkinan jika mereka belum mengetahui cara membuat kwitansi secara otomatis menggunakan rumus excel.

Perlu diketahui bahwa cara terbaik untuk memudahkan didalam membuat kwitansi ialah dengan menggunakan format kwitansi di microsoft excel dalam kata lain memanfaatkan rumus excel untuk membuat kwitansi. Lantas bagaimana cara membuat rumus kwitansi di excel itu? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Contoh Cara Membuat Kwitansi di Ms Word + Download

Tutorial Cara Membuat Kwitansi Menggunakan Rumus di Excel

Apabila nanti anda ingin langsung mencoba rumus yang sama dengan artikel ini, maka silahkan buat format kolom yang sesuai atau sama dengan gambar ya, hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi error data disaat menggunakan rumus excel untuk membuat kwitansi.

Pada contoh gambar dibawah hanya membutuhkan format data dua sheet saja. Pada sheet pertama akan dipergunakan sebagai menginput data yang artinya bawah data yang diinput akan sesuai dengan output di format otomatis kwitansi pembayaran.

Sedangkan pada sheet kedua akan digunakan sebagai format kwitansi yang artinya bahwa sheet kedua ini akan dipergunakan atau di isi rumus kwitansi pembayaran.

Baca Juga: Tata Cara Menulis Kwitansi Pembayaran

Langkah 1 – Format Data Isi Kwitansi

Silahkan buka halaman baru excel kemudian buatlah format table di excel seperti pada gambar dibawah ini, Pada shett ini saya kasih nama ISI DATA, yang isinya sebuah data setiap transaksi seperti nomor bukti kwitansi, nama penerima uang, pekerjaan, alamat penerima, tanggal terjadinya transaksi, Uraian pembayaran hingga jumlah nominal yang sudah dibayar.

cara membuat kwitansi menggunakan rumus excel
Buka halaman Excel lalu membuat table isi data kwitansi

Note: Rumus kwitansi excel yang akan saya jelaskan ini untuk format kolom gambar diatas, jadi silahkan perhatikan letak kolomnya, bila menggunakan kolom yang berbeda silahkan rumusnya disesuaikan saja.

Baca Juga:

Langkah 2 – Format Kwitansi

Jika pembuatan form isi data kwitansi selesai maka selanjutnya membuat format kwitansi di sheet berikutnya atau sheet 2. Tentu buat format kwitansi yang sederhanan seperti contoh di gambar ini:

CARA membuat kwitansi di excel
Membuat format kwitansi di sheet 2

Agar dapat memudahkan anda didalam melakukan pengisian rumus silahkan anda buat format kwitansi seperti gambar diatas. Dan perlu diingat buat kolom CETAK NOMOR (liat gambar dibawah di I3:I5.

Nanti pada kolom cetak nomor tersebut akan berfungsi sebagai pemanggil data transaksi pembayarn kwitansi yang berada di shett isi data.

Anda juga bisa tidak menampilkan kolom cetak nomor dengan setting area kwitansi di kanan bawah layar excel dan kli page break preview. Ok kita langsung cara memasukan rumus excel ke dalam kwitansi.

MASUKAN RUMUS BERIKUT INI:

G2 sebagai nomor bukti rumusnya adalah =VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;2)
G3 MAK rumusnya adalah =VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;3)
C8 Jumlah Biaya rumusnya adalah =VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;9)
C9 Terbilang rumusnya adalah =PROPER(terbilang(C8)&” rupiah”)
C11 uraian Pembayaran rumusnya adalah =IF(VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;8)<>0;VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;8);””)
E13 nama kota dan tanggal Pembayaran rumusnya adalah =CONCATENATE(“Kota, “;TEXT(VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;7);”[$-421]dd mmmm yyyy;@”))
G18 nama penerima uang rumusnya adalah =IF(VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;4)<>0;VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;4);””)
G19 pekerjaan penerima uang rumusnya adalah =IF(VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;5)<>0;VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;5);””)
G20 Alamat penerima uang rumusnya adalah =IF(VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;6)<>0;VLOOKUP(I5;’Isi Data’!A3:I13;6);””)
cara membuat kwitansi dengan rumus excel
Memasukan Rumus Excel didalam Form Kwitansi

Itulah tahap akhir cara membuat kwitansi menggunakan rumus di excel, jika anda bingung cara membuatnya anda bisa download format kwitansi dibawah ini.

DOWLOAD FORMAT Kwitansi Kosong Ms Word dan Excel

Contoh Kwitansi Pembayaran Secara Umum

Berikut beberapa contoh kwitansi pembayaran yang bisa dijadikan refrensi untuk membuat kwitansi.

format kwitansi kosong
format kwitansi kosong
Contoh Kwitansi Pembayaran
Contoh Kwitansi Pembayaran Mobil
contoh kwitansi beli motor
Kwitansi Pembelian Motor
Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil
Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil
contoh kwitansi pembelian tanah
contoh kwitansi pembelian tanah
Contoh Kwitansi Pembelian Mobil Bekas
Kwitansi Pembelian Mobil Bekas

Baca Juga:

Akhir Kata

Sekian tutorial kali ini mengenai cara membuat kwitansi di excel, semoga aplikasi otomatis rumus excel untuk membuat kwitansi pembayaran ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here