Home Surat Kuasa Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

0

Pada kesempatan kali ini suratresmi.com akan membagikan sebuah tutorial mengenai cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB mobil dan motor. Dengan adanya informasi mengenai cara pembuatan surat kuasa ini diharapkan bisa memudahkan sahabat semua didalam membuat surat kuasa pengambilan BPKB mobil maupun motor dengan format yang benar.

Memang keberadaan surat kuasa terkadang diperlukaan disaat situasi sedang genting, sebab surat kuasa ini dapat menjadi wakil untuk melakukan aktifitas yang seharusnya dilakukan oleh pemberi kuasa.

Mencakup pada pengertian surat kuasa bahwa surat kuasa merupakan bagian dari surat resmi yang berfungsi sebagai bukti tertulis adanya pelimpahaan wewenang dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa.

Jadi apabila anda melakukan transaksi jual beli mobil dengan cara di angsur atau dikredit dan jika kredit tersebut sudah selesai, anda berhak mengambil BPKB di dealer yang bersangkutan, seperti adira, FIF atau bank lainnya.

Nah disaat anda hendak mengambil BPKB mobil atau motor di dealer namun anda sedang sibuk atau masih dalam kondisi kurang sehat, maka pengambilan BPKB tersebut dapat diwakilkan kepada orang lain dengan cara membuat surat kuasa.

Lantas bagaimana cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB Mobil atau motor dengan format yang benar itu? Untuk mengetahuinya silahkan perhatikan tutorial cara membuat surat kuasa untuk mengambil BPKB mobil dibawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Insentif

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor

Berikut beberapa kelengkapan untuk membuat surat kuasa pengambilan BPKB

1. Menyiapkan Syarat Pengambilan BPKB

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum membuat surat kuasa pengambilan BPKB mobil atau motor ialah dengan menyiapkan syarat pengambil BPKB terlebih dahulu, berikut persyaratan yang harus disiapkan untuk mengambil BPKB mobil.

  • KTP Asli Debitur
  • KTP Asli Penerima Kuasa
  • Surat Kuasa Bermaterai 6000
  • Bukti Pembayaran Lunas (Asli)

Setelah anda mengetahui persyaratan untuk mengambil BPKB Mobil atau motor dengan cara diwakilkan, maka selanjutnya ialah penulisan surat kuasa.

Baca Juga:

2. Penulisan Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil atau Motor

Berikut poin penting yang wajib di tulis didalam pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB di dealer.

  • Identitas pemberi kuasa ditulis dengan jelas
  • Penulisan identitas penerima kuasa harus jelas
  • Isi surat kuasa berisikan keterangan jenis mobil atau motor yang diperjualbelikan meliputi, atas nama pemilik mobil, merk kendaraan, warna dan type kendaraan, tahun pembuatan kendaraan, nomor polisi, nomor mesin dan nomor kerangka kendaraan.

Itulah beberapa yang wajib di isi dalam pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB mobil atau motor.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Kedinasan + Download

3. Pemberian Materai Didalam Surat Kuasa

Hal paling akhir didalam membuat surat kuasa pengambilan mobil adalah dengan membubuhkan materai 6000 dibawah tanggal pembuatan surat kuasa tersebut.

Materai tersebut ditandatangani oleh pemberi kuasa sebagai keabsahan surat kuasa tersebut dan bersifat resmi.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah + Download

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil

Untuk membantu anda didalam membuat surat kuasa silahkan perhatikan contoh surat kuasa pengambilan BPKB Mobil dan Motor dibawah ini

contoh surat kuasa pengambilan BPKB Mobil
surat kuasa pengambilan BPKB Mobil

Selengkapnya: Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor Yang Benar

Demikianlah tata cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB mobil maupun motor dengan format surat kuasa yang benar, semoga setelah membaca artikel ini dapat membantu Anda didalam pembuatan surat kuasa yang benar. Sekian dan trimaksi atas kunjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here