Home Surat Kuasa Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Gaji

0
5/5 (2)

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Gaji – Pada saat ini sudah banyak perusahaan maupun instansi pemerintah yang memberikan kebijakan kepada karyawannya untuk mengambil gaji bulan dengan cara diwakilkan orang lain.

Pada umumnya jika seorang karyawan mewakilkan orang lain untuk mengambil gaji disebabkan sedang sakit atau berada di luar kota. Namun bukan hanya mewakilkan saja tanpa adanya dokumen yang mendukung. Salah satu dokumen penting yang wajib dipergunakan agar dapat mewakilkan orang lain untuk mengambil gaji ialah dengan membuat surat resmi yang berjenis surat kuasa. (Baca Juga: Pengertian Surat Kuasa)

Surat kuasa ini dapat menjadi surat resmi yang dapat dipertanggungjawabkan jika memenuhi syarat-syarat yang ditentukan didalam membuat surat kuasa.

Maka dari itu didalam pembuatan surat kuasa pengambilan gaji anda harus memperhatikan kaidah-kaidah didalam surat kuasa seperti penulisan harus jelas, maksut dan tujuan surat kuasa harus jelas serta surat kuasa bermaterai. Untuk Lebih jelasnya silahkan perhatikan tata cara membuat surat kuasa pengambilan gaji dibawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Insentif

Tata Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Gaji

1. Penulisan Identitas Pemberi dan Penerima Kuasa

Syarat utama didalam pembuatan surat kuasa pengambilan gaji ialah dengan menulis identitas pemberi kuasa dan penerima kuasa secara jelas serta sesuai dengan identitas KTP (kepedudukan)

Berikut ini data identitas pemberi dan penerima wewenang yang harus di tulis

  1. Nama:
  2. Alamat:
  3. Nomor KTP:
  4. Pekerjaan:
  5. Bagian Pekerjaan:
  6. (Sebagai Pihak I Pemberi Kuasa)
  1. Nama:
  2. Alamat:
  3. Nomor KTP:
  4. Pekerjaan:
  5. (Sebagai Pihak II Penerima Kuasa:

2. Penulisan Tujuan Surat Kuasa Pengambilan Gaji Dibuat

Setelah anda sudah menulis semua indentitas baik itu pemberi maupun penerima kuasa, kemudian dilanjut dengan penulisan tujuan surat kuasa tersebut dibuat.

Sebagai contoh ” Dengan surat ini Pihak I memberikan kuasa kepada Pihak ke II untuk mengambil gaji bulan agustus 2019 atas nama dody haryanto di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah, dikarenakan pihak pertama sedang sakit”

Demikian surat kuasa pengambilan gaji ini dibuat semoga dapat dipergunakan sebagai mestinya.

3. Pemberian Materai 6000 di Dalam Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Setelah penulisan indentitas dan pemberian keterangan pada surat kuasa, maka dilanjut dengan pemberian tanggal surat kuasa dibuat dan di sertai tanda tangan pemberi kuasa di atas materai 6000.

Materai 6000 ini dipergunakan untuk keabsahan surat kuasa yang dibuat. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh surat kuasa pengambilan gaji dibawah ini.

Baca Juga:

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Berikut beberapa contoh surat kuasa pengambilan gaji yang dapat membantu anda didalam pembuatan surat kuasa dengan format yang benar.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karyawan

Jika anda seorang karyawan perusahaan dan ingin membuat surat kuasa pengambilan gaji yang diwakilkan oleh teman sekerjanya, maka silahkan perhatian contoh gambar dibawah ini.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karyawan
Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karyawan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Melalui Rekening Bank

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Melalui Rekening Bank
Surat Kuasa Pengambilan Gaji Melalui Rekening Bank

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan
Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan

Selengkapnya: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji + Download

Demikianlah tata cara membuat surat kuasa pengambilan gaji dengan format surat kuasa yang benar, semoga anda berhasil membuat surat kuasa dengan benar. Sekian dan trimaksih atas kunjungannya. (Baca Juga: Cara Membuat Surat Kuasa Dan Contohnya)

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here